DaerahKomunitasMetro

DPD KNPI Kota Metro Apresiasi Kinerja Jajaran KPU Setempat

POJOK SAMBER -METRO – DPD KNPI Kota Metro apresiasi kinerja seluruh elemen penyelenggaraan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro karena telah sukses melaksanakan pencocokkan dan penelitian (Coklit).

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua DPD KNPI Kota Metro, M Lukman Sanjung pada Jumat (17/3/2023).

“Saya apresiasi sebesar-besarnya untuk kinerja Pantarlih, PPS, PPK yang terintegrasi dengan baik sehingga Coklit terlaksana sesuai jadwal tahapan yang tertera,” kata Anjung–sapaannya.

Anjung mengatakan dalam menyambut Pemilu serentak 2024, Kota Metro diharapkan mampu menciptakan kondisi politik yang bermartabat sesuai asas pemilu.

“Juga sebagai Kota Pendidikan, KNPI berharap Kota Metro mampu menciptakan formulasi Pemilu yang berkualitas dalam menganalisis dan menggunakan hak pilihnya,” papar Anjung.

“Tentu itu baik untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi pada proses pemilu serentak 2024 mendatang,” tambahnya.

Menurutnya, Kota Metro merupakan daerah multicultural yang berisi beragam etnis. Dengan hal itu, ia berharap dapat terhindar dari Etnopolitik.

Politik etnis, sambung dia, dapat diasumsikan sebagai politik yang memfokuskan perbedaan. Adapun sebagai kategori utamanya yang menjanjikan kebebasan dan toleransi.

“Sejalan dengan demokratisasi di indonesia sering timbul pemikiran-pemikiran yang mementingkan kelompok dan suku sendiri (sukuisme),” ujarnya.

“Selain itu adanya kecenderungan untuk menggunakan nilai-nilai kelompok dalam proses politik. Sehinga berpotensi menggangu kerukunan antar etnis di kota metro,” tambah Anjung.

Dalam upaya mewujudkan pemilu yang bermartabat dan sesuai dengan asas pemilu, DPD KNPI Kota Metro mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan oleh KPU sesuai dengan tahapan yang telah ditentutkan dalam rangka menjalankan amanat undang-undang.

Anjung menjabarkan, Pemilu dalam perspektif Hak Azasi Manusia (HAM) pada hakekatnya merupakan pelaksanaan hak dasar politik rakyat, yaitu hak untuk ikut serta dalam menentukan arah dan masa depan kehidupan bersama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebagai sarana demokrasi, Pemilu akan memberi kesempatan kepada rakyat untuk memilih dan memberikan legitimasi bagi wakil-wakil mereka yang duduk di Parlemen atau pemerintahan.

“Jadi pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang kita akan menghadapi pemilu serentak untuk memilih anggota DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota DPRD, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” jelasnya.

Jadi, partisipasi pemilih dalam Pemilu merupakan faktor yang sangat penting. Berhasil atau tidaknya penyelenggaraan Pemilu sangat bergantung pada partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Adapun, pada Selasa, 14 maret 2023, Pantarlih telah menyelesaikan Coklit 100 persen dengan jumlah 128.781 daftar pemilih.

Adapaun rinciannya ialah:

Metro Pusat: 40.323 Daftar Pemilih

Metro Utara: 24.298 Daftar Pemilih

Metro Timur:29.538 Daftar Pemilih

Metro Barat:21,192 Daftar Pemilih

Metro Selatan: 13.430 Daftar Pemilih

KNPI KOTA METRO

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *